Jakabaring Bowling Center: Satu-satunya Tempat yang Dibuat untuk Asian Games 2018 Lalu

Apakah Anda masih tertarik untuk membahas tentang venue asian games 2018? Acara olahraga besar Asia yang belum setahun digelar masih tetap mengundang kekaguman berbagai pihak asian games. Bagaimana tidak, masih jelas diingatan kita kesuksesan upacara pembukaan dan penutupan yang tentu saja digelar di Jakarta, Indonesia. Namun, kekaguman kita sebagai bangsa Indonesia bukan hanyak didasarkan pada kesuksesan upacara pembukaan dan penutupan saja.

Tentu tidak mudah untuk melupakan bahwa setiap venue yang telah digunakan untuk pertandingan pada Asian Games tahun 2018 lalu seperti memberi kesan yang mendalam, terlebih bagi mereka para atlet. Salah satu sarana olahraga yang khusus dibangun demi terlaksananya Asian Games 2018 yang berada di Palembang adalah Bowling Venue. Jika dibandingkan dengan venue lain,

Jakabaring Bowling Center bisa dibilang cukup istimewa. Mengapa demikian? Venue ini merupakan satu dari sedikit sekali bowling center yang berstandar internasional yang dimiliki oleh Indonesia. Dengan total luas bangunan sekitar 4.200 meter persegi, bowling center dibangun diatas lahan seluas 2,8 hektar. Bayangkan saja seberapa luas venue tersebut jika pada pertanding Anda tidak datang untuk menyaksikan para atlet menunjukkan kemampuannya dalam bermain bowling. Sebagai informasi tambahan, arena bowling ini memilki total 40 lintasan bowling. Dengan jumlah tersebut, bisa dikatakan bahwa bowling center ini memiliki lebih banyak lintasan jika dibandingan dengan bowling center pada umummnya yang hanya memiliki sekitar 20-30 lintasan saja.

Venue bowling tersebut juga dilengkapi dengan mesin bowling paling mutakhir. Sampai saat ini, alat tersebut masih tergolong langka di dunia. Indonesia mempunyai alasan lain untuk berbangga diri bahkan setelah Asian Games berlalu. Tidak seperti venue lain, Jakabaring Bowling Center ini juga merupakan satu-satunya venue yang dibangun dari nol khusus untuk menyambut Asian Games 2018 lalu. Arena tersebut telah selesai dibangun pada November 2017 dan sudah melalui berbagai rangkaian tes untuk menguji kelayakan. Serah terima kemudia dilaksanakan pada 31 Mei 2018. Biaya pembangunan venue tersebut seluruhnya dibiayai oleh APP Sinar Mas dalam rangka mendung program pemerintah “Untukmu Indonesiaku”. Berapa banyak biaya yang dikeluarkan oleh APP Sinar Mas? Untuk membangun venue Bowling Center, Rp 27 miliar telah dikeluarkan. Sungguh jumlah yang sangat fantastis, bukan?

Presiden Joko Widodo kemudia meresmikan venue bowling center ini pada tanggal 14 Juli 2018 lalu. Tim Komite Olimpiade Jepang juga tidak lupa untuk memberikan pujian karena kemewahan dari Jakabaring Bowling Center ini. Jadi, tidak ada alasan untuk kita semua untuk tidak berbangga diri dengan terselenggaranya Asian Games tahun lalu di Indonesia, terlebih dengan berbagai venue yang memang dipersiapkan dan dibangun dengan baik. Apakah hal ini kemudian menginspirasi Anda untuk mulai belajar lebih dalam tentang olahraga bowling sehingga mempunyai kemungkinan untuk turut serta berpartisipasi dalam Asian Games selanjutnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *